Senin, 02 April 2012

MY DREAM, JALUR TRANS-NUSANTARA INDONESIA

Location: Indonesia

    Halo semua, ketemu lagi nih... tau gak maksud gambar diatas? Ini adalah impianku untuk membangun jalur pemersatu Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Memang sudah lama impianku membuat posting tentang ini dan baru saya post sekarang... Saya perkiraan jalurnya dan ilustrasi jembatannya yang diambil dari jembatan di berbagai negara dunia. Maaf klo banyak foto yang rusak, (error saat upload). :D

   
     Memang tak semudah membuat jalur ini, namun semua ini tidaklah mustahil bagi negeri ini. Contohnya Cina saja sanggup membangun jembatan terpanjang di dunia, mengalahkan negara-negara lain yang mempunyai jembatan yang sama. Saya terinspirasi oleh perkataan Mahapatih Gajahmada saat Kerajaan Majapahit berkuasa di bumi nusantara, yang berkata:
"...saya tidak akan memakan buah palapa sebelum nusantara dipersatukan..."

   Hal itulah yang membuat saya bercita-cita membangun jalur lintas yang mencapai 8.376,59 km (pengukuran melalui Google Earth). wow
     Jalur ini yang saya prioritaskan pada jembatannya, sisanya pada jalur penghubung di darat. Saya mulai dari jembatan penghubung Sabang-Sumatera.




A. Pulau Sabang - Pulau Sumatera


     Dimulai dari pulau diujung barat Indonesia, Sabang, Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Jembatan ini akan menghubungkan Pulau sabang ke daratan utama pulau Sumatera yang berada di kota Baitussalam. Panjang Jembatan diperkirakan mencapai 16,67 km.
         Jembatan inilah awal dari penghubung Republik Indonesia.




B. Jembatan Selat Sunda (Pulau Sumatera - Pulau Jawa)
 
     Kalau  jembatan ini sudah direncanakan oleh pemerintah pada tahun-tahun yang lalu dan sudah ada kontraktor proyek jembatan yang siap membangun. Jembatan Selat Sunda menghubungkan antara Provinsi Lampung, Sumatera dengan Provinsi Banten, Jawa. Saya perkirakan sih panjang jembatan mencapai 25,52 km (menurut garis lurus Google Earth).



     Jembatan Selat Sunda adalah salah satu proyek besar pembuatan jembatan yang melintasi Selat Sunda sebagai penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Proyek ini dicetuskan pada tahun 1960 dan sekarang akan merupakan bagian dari proyek Asian Highway Network (Trans Asia Highway dan Trans Asia Railway). Dana proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) direncanakan berasal dari pembiayaan Konsorsium diperkirakan menelan biaya sekitar 10 miliar Dollar Amerika atau 100 triliun rupiah yang akan dipimpin oleh perusahaan PT Bangungraha Sejahtera Mulia {BSM). Menurut rencana panjang JSS ini mencapai panjang keseluruhan 31 kilometer dengan lebar 60 meter, masing-masing sisi mempunyai 3 lajur untuk kendaraan roda empat dan lajur ganda untuk kereta api akan mempunyai ketinggian maksimum 70 meter dari permukaan air. JSS telah dilakukan Soft Launching 2007 Jembatan Selat Sunda dan akan dimulai pembangunannya pada tahun 2010 dan diperkirakan dapat mulai dioperasikan pada tahun 2025. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini mencapai 10 Triliyun Rupiah.



lihat beritanya di www.jembatanselatsunda.com





C. Jembatan Surabaya - Madura (Suramadu)


      Kalau ini sih pasti semuanya sudah tau, landmark Surabaya dan Madura ini memang sudah lama selesai pengerjaanya sekitar tahun 2009. Menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur yang mencapai 5,4 km.




Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.


D. Jembatan Laut Jawa (Madura - Masalembo - Kalimantan)


      Jembatan Laut Jawa, nama ini memang pas untuk nama jembatan ini. Jembatan ini bisa dinamakan "Jembatan Jawa-Kalimantan" dengan via Madura dan Masalembo. Bila pemerintah bersedia membangun, jembatan Laut Jawa akan menjadi mega proyek jembatan penghubung terpanjang di dunia. Saya perkirakan panjangnya sekitar 308,9 km, transit di Kepulauan Masalembo, mengalahkan rekor negara China yang mempunyai panjang sekitar 42 km. Saya yakin bila sudah jadi, akan menjadi landmark sekaligus kebanggaan Bangsa Indonesia, karena terpanjang di Indonesia dan dunia. Menghubungkan antara Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Kalimantan Selatan. Diharapkan ini akan mengurangi tingkat kesenjangan sosial antar pulau dan meratakan pembangunan nasional Indonesia.
          Selain itu faktor pendukung ini adalah jembatan ini ada di wilayah Dangkalan Sunda yang kedalamannya sekitar kurang dari 20 meter. Saya ingin sekali melihat jembatan ini ada dan menjadi jembatan terpanjang dan termegah di dunia, sekaligus menjadi sorotan dunia. Saya perkirakan biayanya pembangunannya mencapai lebih dari US$100 Milyar.


E. Jembatan Kalimantan - Sulawesi
 

      Setelah Jembatan Laut Jawa, jalur Trans Indonesia melewati Kalimantan bagian Timur dan di di ujung timur Kalimantan Timur akan dibangun jembatan sepanjang 124,42 km melintasi Selat Makassar dan mencapai daratan utama Sulawesi.



F. Jembatan Kepulauan Banggai (Sulawesi - Banggai - Taliabu)


      Maaf ya, gan, picture-nya pecah saat di-upload. Tapi masih kelihatan jelas kok. Jalur Kep. Banggai akan start dari daratan Sulawesi di dekat Kota Luwuk, melewati Kepulauan Banggai dan sampai di Pulau Taliabu, Maluku. Panjangnya sekitar 176,93 km. Ini akan menjadi gerbang masuk menuju kepulauan nan indah Maluku. Banyaknya pulau di area Banggai akan menjadikan salah satu objek wisata dengan suguhan view pulau eksotis mutiara Indonesia Timur. :D




G (1). Jembatan Taliabu - Obi


      Jembatan penghubung Pulau Taliabu ke Pulau Obi mempunyai jarak sepanjang kurang lebih 120,49 km. Selanjutnya akan menuju Pulau Halmahera melalui Pulau Bacan.


G (2).  Jembatan Obi - Bacan - Halmahera




     Selanjutnya, jembatan penghubung antara Pulau Obi ke Halmahera melalui Pulau Bacan di Provinsi Maluku Utara, panjangnya sih sekitar 119,14 km. 



H. Jembatan Halmahera - Papua


     Jembatan penghubung yang terakhir adalah jembatan penghubung antara Pulau Halmahera sampai daratan utama Provinsi Papua Barat, Pulau Papua. Panjangnya sekitar 211,67 km melalui beberapa pulau kecil seperti Gebe, Gag, dan Fam. Selanjutnya jalur akan menuju kota terakhir di Merauke melalui jalur darat.



         Tambahan: Jalur Trans Irian Jaya, saya peduli dengan masalah yang terjadi di Irian Jaya dan ingin mengangkat ke blog saya. Saya lebih suka memanggilnya Irian Jaya karena identik dengan nama Indonesia, khususnya Trikora (Tri Komando Rakyat) pada Pembebasan Irian Barat (Operasi Jayawijaya) membangkitkan rasa nasionalisme. Bila kata Papua, malah saya  berfikir seperti negara merdeka dan (maaf) identik dengan ketertinggalan. semoga jalur ini dapat dibangun agar perekonomian rakyat Papua yang saat ini ingin memisahkan diri dari NKRI dan ekonominya dapat bersaing dengan pulau-pulau di nusantara. Panjang jalurnya mencapai 2.050 km, menghubungkan antara checkpoint terakhir Jalur Trans Nusantara-Manokwari-Jayapura-Merauke.

Manfaatnya:
  •  Menghilangkan jarak antar pulau seluruh Indonesia
  •  Mengurangi kesenjangan ekonomi
  •  Memperbanyak pariwisata berupa ekspedisi nusantara
  •  Meningkatkan ekonomi antar-wilayah
  •  Mensejahterakan ekonomi negara
  •  Meningkatkan investasi negara
  •  Meratakan pembangunan nasional
  •  Mengurangi hambatan medan antar-wilayah
  •  Infrastruktur negara menjadi rata
  •  Meningkatkan frequency bertransmigrasi
       Melalui blog dengan topik ini, saya harap pemerintah khususnya presiden dapat melihat impian saya membangun jembatan ini agar dapat segera terealisasi. Jalur Lintas Nusantara ini dapat meratakan pembangunan serta mensejahterakan ekonomi masyarakat, serta mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial Indonesia.Saya telah lama memimpikan tentang hal ini, tepatnya saat kelas 2 SMP. Mohon bantuannya dari pemerintah. Saya harap pemerintah dapat melihat aspirasi rakyat Indonesia ini.

           Sekian tentang ulasan topik ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Bila ada kritik dan saran, silahkan berkomentar di email atau di-blog. Thank you :D

10 komentar:

  1. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen semoga jadi kenyataan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja ya... ini akan menyatukan seluruh elemen bangsa Indonesia. Bhineka Tunggal Ika. :)

      Hapus
  2. iya mas bro.. Kita pngen INDONESIA bersatu dari sabang sampai merauke.. NKRI harga MATI!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dukung persatuan bangsa Indonesia dari Sabang - Merauke!

      Hapus
  3. trs kalo d realisasikan perlu jangka waktu brp tahun itu bro mnrt pengamatan ente bro?

    BalasHapus
  4. menghayal mas bro..
    ntar jatuh sakit...

    BalasHapus
  5. Untuk bagian tengah kayaknya lebih bagus nyebrang dari Bitung ke Ternate deh, daripada lewat Taliabu. Lebih pendek jembatannya Bro. Lalu untuk bagian barat, nyebrangnya dari Sumsel, Bangka, Belitung, trus Kalbar, daripada nyebrang Madura-Pelaihari via Masalembu yang panjang banget jembatannya. Memang trans nusantara gak lewat Jawa, jadi pembangunannya lebih merata di luar pulau jawa. Jawa kan sudah cukup maju. hehehe .....

    BalasHapus
  6. Mantap bro, saya juga prnh membanyakn hal yg serupa.
    akan tetapi yg jdi prtnyaan saya buknkah itu mlah akan menghilangkan julukan Indonesia sbgai negara kepulauan??

    BalasHapus

Silahkan anda berkomentar disini menggunakan kata dan kalimat yang jelas agar dapat dibaca oleh visitor yang lain. Tanpa verification code dan tanpa menunggu moderasi, komentar anda langsung tertera. Terima kasih... :D