Selasa, 05 Juni 2012

20 KOTA DENGAN PENGGUNA FACEBOOK TERTINGGI DI DUNIA

Location: Palo Alto, CA, USA
 Hi readers, bertemu lagi dengan saya dalam acara... Bukan Dunia Lain, eh bukan, ketemu di... weleh pokoknya ketemu disini lah @Atlazcrew World, heheh. Kalian punya Facebook nggak? yah pastinya punya lah. Yang nggak punya jangan sedih, kan bisa buat sendiri. Hehehe, sebulan lalu saya melihat di situs socialbakers.com ternyata ada list atau daftar kota di dunia yang mempunyai user facebook terbanyak di dunia, dan menariknya, Ibukota Jakarta masuk dalam 10 besarnya, lho... :D nih baca ulasannya, Selamat membaca. 


 Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan mobile. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. 

     Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beber`pa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
     Jumlah pengguna Facebook di dunia saat ini semakin banyak, tak terbatas terhadap usia. Mulai dari yang masih kecil umur 9 tahun sampai yang dewasa umur 80 tahun lebih. Dilansir dari Socialbakers.com yang berperan sebagai semacam lembaga survey, tercatat ada sebanyak lebih dari 812 juta pengguna dan tersebar di 213 negara di dunia. Dan selain itu terdapat pula konsentrasi user Facebook di beberapa kota di dunia. Saya ambil 20 dari 120 kota di dunia yang mempunyai intensitas terpadat facebook user. Inilah list 20 kota ter-Facebook di dunia.
Survey tahun 2012.

#1 Bangkok, Thailand - 8.682.940 user



     Kota pertama dengan jumlah penduduk yang menggunakan jejaring sosial Facebook adalah Bangkok, Ibukota negara Muangthai atau yang lebih dikenal Thailand. Bangkok adalah salah satu kota dengan perkembangan terpesat, dengan ekonomi yang dinamis dan kemasyarakatan yang progresif di Asia Tenggara. Kota ini sedang berkembang menjadi pusat regional yang dapat menyaingi Singapura dan Hong Kong, namun masih mempunyai masalah dalam sektor infrastruktur dan sosial sebagai akibat perkembangannya yang pesat.  Dari 9,1 juta jiwa, terdapat sekitar 8,6 juta penduduk Thailand yang menjadi pengguna Facebook dengan penetrasi 104.74%.






#2 Jakarta, Indonesia - 7.434.580 user   
    
                  



     DKI Jakarta, adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km , dengan penduduk berjumlah 9.607.787 jiwa (2010). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Indonesia atau urutan keenam dunia. Dari jumlah populasi Jakarta, terdapat sekitar 7.434.580 jiwa yang menggunakan Facebook dengan penetrasi 34.10%.

#3 Istanbul, Turkey - 7.066.700


     Istanbul adalah kota terbesar di Turki. Hingga 1930 kota ini lebih umum dikenal melalui nama Yunaninya Konstantinopel oleh orang-orang Barat; beberapa orang memanggilnya Stambul, khususnya pada abad ke-19. Lebih jauh ke masa lalu kota ini juga pernah dikenal sebagai Bizantium atau Byzantion. Dengan populasi sebesar 11 hingga 15 juta, Istanbul adalah kota yang terpadat penduduknya di Turki dan merupakan salah satu kota terbesar di Eropa. Kota ini juga merupakan ibu kota administratif Provinsi Istanbul. Dari sekian penduduk di Istanbul, Turki, Terdapat sekitar 7 juta pengguna Facebook yang tersebar di kota tersebut, dengan penetrasi 62,98%.


#4 London, United Kingdom -  6.139.180 user



London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya. Kota yang dibangun oleh orang Romawi pada masa lampau dan dulu disebut Londinium ini pada 1 Januari 2005 berpenduduk sekitar 7,4 juta jiwa di daerah London Raya dan berjuta-juta jiwa lagi di daerah metropolitannya. Penduduk London terdiri dari berbagai macam etnik, budaya, dan agama, serta berbicara dalam hampir 300 bahasa, yang menjadikannya kota paling kosmopolitan dan dinamis di dunia. Penduduk London biasa menyebut dirinya Londoner. London juga merupakan basis berbagai organisasi, institusi dan perusahaan yang berpengaruh di dunia. London juga merupakan percampuran antara tradisi dan teknologi, serta salah satu tujuan wisata utama.termasuk salah satu kota besar di dunia bersama New York, Paris, dan Tokyo. London juga sangat berkembang dalam berbagai bidang seperti finansial, komunikasi, dan seni. London juga memiliki berbagai kastil, museum, teater, gedung konser, galeri, bandara, stadion olah raga, dan istana. Dari statistik penduduk di London, ada sekitar 6,1 juta user facebook dengan penetrasi 73.79%







#5 Bogota, Colombia - 6.112.120 user




Bogotá dengan nama resmi Bogota, D.C. (D.C. singkatan "Distrito Capital" yang berarti Distrik Ibukota) sebelumnya dikenal sebagai Santa Fe de Bogota, adalah ibukota Kolombia dan merupakan kota terbesar dan terpadat di seluruh negara itu dengan 7.033.914 penduduk (2007). Bogota dan area metropolitannya yang meliputi kota satelit seperti Chía, Cota, Soacha, Cajicá dan La Calera diperkirakan memiliki populasi 8.244.980 pada tahun 2007. Bogotá merupakan kota tertinggi ketiga di dunia setelah La Paz dan Quito. Dari luas wilayahnya, kota ini adalah yang terbesar di Kolombia, dan lebih besar daripada New York CityMexico City, dan Sao Paulo. Dari sekian penduduk di Bogota 6,1 juta penduduknya adalah user facebook.

#6 Sao Paulo, Brazil - 5.718.220 user




Sao Paulo 
adalah kota terbesar di 
Brasil dan belahan bumi selatan, dan juga merupakan wilayah metropolitan terbesar ke-7 di dunia. Kota ini merupakan ibukota negara bagian São Paulo, negara bagian dengan jumlah penduduk terbesar di Brasil. Nama kota ini merupakan penghormatan kepada Santo Paulus. São Paulo berpengaruh kuat dalam perdagangan dan keuangan regional, dan juga kesenian dan hiburan. São Paulo dianggap sebagai kota global alfaDengan jumlah penduduk sekitar 11.037.593 jiwa, di atas tanah seluas 1.523 km² (588 mil²),adalah salah satu kota terpadat di Amerika. 
Kota ini juga terletak di tengah-tengah wilayah metropolitan São Paulo yang banyak penduduknya, yaitu sekitar 19.889.559 jiwa pada tahun 2009 di atas kawasan seluas 7.944 km² (3,067 mil²), adalah wilayah metropolitan terbesar di Brasil, dan terbesar kedua di benua Amerika. Terdapat sekitar 5,7 juta user yang aktif di kota ini.

#7 Mexico City, Mexico - 4.294.820 user


 Ciudad de México, atau México City merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Meksiko. Penduduknya berjumlah 19.500.000 jiwa (wilayah metropolitan). Kaum Aztec mendiami lembah Meksiko setelah mereka menyaksikan tanda yang menjanjikan seekor elang yang berdiri di atas kaktus, memakan seekor ular yang kini adalah bagian penting dari bendera Meksiko.Terdapat sekitar 100.000 penghuni pada tahun 1519, ketika orang Spanyol, dipimpin oleh Hernando Cortes, tiba untuk menaklukkan kota itu. Cortes mengalahkan raja Aztec Montezuma, meratakan kota Aztec pada tahun 1521 dan membangun sebuah kota Spanyol di atas reruntuhannya. Bagi Spanyol, Ciudad de México menjadi pemukiman paling penting di benua Amerika, dengan yurisdiksinya ke utara mencapai apa yang kini adalah wilayah Amerika Serikat dan memanjang ke Selatan hingga ke Panama. Dari 19,5 juta penduduk Mexico City 4,2 juta diantaranya adalah user Facebook dengan penetrasi 23.30%.


#8 Santiago, Chile - 4.129.700 user


Santiago de Chile adalah ibu kota dan kota terbesar di Chili. Kota ini terletak di bagian tengah di negara itu. Penduduknya berjumlah 6.402.532 jiwa (metropolitan), 5.428.590 jiwa (urban), 200.792 jiwa (kota) (2002) dengan memiliki luas wilayah 22,4 km². Kota ini didirikan pada tahun 1541. Diantara 6,4 juta penduduk Ibukota Santiago 4,1 juta diantaranya pengguna  jejaring sosial facebook dengan penetrasi 73,35%.










#9 Mumbai, India - 3.700.460 user





 Mumbai adalah ibukota negara bagian Maharashtra dan dengan populasi sebesar 21 juta jiwa adalah kota dengan penduduk terbanyak di India. Kota ini terletak di Pulau Salsette, lepas pantai barat Maharashtra. Bersama kota-kota pinggirannya, Mumbai menjadi area metropolitan terbesar keempat di dunia dengan populasi melebihi 20 juta jiwa.
Mumbai adalah pusat perdagangan dan hiburan di India, menjadi lokasi berbagai badan-badan keuangan penting. Kota ini menarik imigran karena memiliki peluang bisnis yang besar dan taraf hidup yang tinggi. Bollywood, pusat perfilman India, juga terletak di kota ini.Mumbai adalah kota terbesar di India berdasarkan jumlah populasi dan pusat finansial serta komersial India yang menyumbangkan 6,16% dari total GDP. Berdasarkan data tahun 2008, GDP Mumbai adalah 919,600 crore (US$204.15 milyar) dan pendapatan per kapita tahun 2009 sebesar 128.000 crore (US$ 2.840) yang merupakan tiga kali dari rata - rata nasional. Banyak konglomerat India serta lima perusahaan berdasarkan Fortune Global 500 yang berpusat di Mumbai. Bank luar negeri serta institusi finansial juga memiliki cabang di area ini, dengan World Trade Center sebagai salah satu yang paling dikenal. Dengan populasi 21 juta penduduk Mumbai, kota ini mencatat ada 3,7 juta yang menjadi pengguna facebook dengan penetrasi 18,95%.



#10 Buenos Aires, Argentina - 3.533.840 user

 Buenos Aires dinamakan menurut Nuestra Señora Santa María del Buen Aire dan berbulevar terbesar di dunia. Bueonos Aires merupakan ibukota sibuk Argentina dengan populasi sekitar 3.050.728 (2009), dan dikenal sebagai "Parisnya Amerika Selatan" karena keanggunannya. Seiring dengan SDA-nya yang luas dan orang miskin yang menumpuk di kota, Buenos Aires memiliki segolongan penduduk terdidik dan makmur, yang bertanggung jawab untuk koloni artis la Boca, ilmuwan Universitas Buenos Aires yang berhasil memenangkan hadiah Nobel, taman, plaza, dan bulevar berjalur 3 yang menghidupkan kota dan menjadi kebanggan penduduknya. Dilambangkan dengan Tango, dansa penuh gairah dari Buenos Aires, masyarakatnya tetap loyal kepada kotanya dan secara romantis terikat lingkungan hangat dan suburnya. Dari 3 juta penduduk ibukota Buenos Aires ini, ada 3,5 juta yang aktif menggunakan facebook dengan penetrasi 28,52%.


#11 Rio De Janiero, Brazil - 3.487.300 user


Rio de Janeiro (bermakna "Sungai Januari" dalam bahasa Portugis) merupakan ibu kota negara bagian Rio de Janeiro, di bagian tenggara Brasil.
Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa (2004).
Sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro Raya, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.Rio de Janeiro menjadi tuan rumah Pan American Games 2007 (Pan American Games ke-15) yang akan diadakan dari 13-29 Juli 2007. Tercatat sekitar 3,4 juta penduduk yang aktif menggunakan facebook dengan penetrasi 194,72%.




#12 New York, United States of America - 3.420.380 user




 New York adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di wilayah (region) antara Atlantik Tengah dan Timur Laut dari Amerika Serikat. Dengan 62 kelurahan (counties) menjadikan New York negara bagian yang berpenduduk nomor tiga terbesar di Amerika Serikat. New York berbatasan degan negara bagian Vermont, Massachusetts, Connecticut, New Jersey, dan Pennsylvania, dan berbagi perbatasan air dengan with Rhode Island seperti juga dengan perbatasan internasional dengan provinsi-provinsi Kanada, yaitu Quebec dan Ontario. New York memiliki lima kota besar, yaitu : New York City (kota terbesar di Amerika Serikat), Buffalo, Rochester, Yonkers, dan Syracuse. Populasi sekitar 19,541,453 (2009 est.)
New York City dikenal dengan sejarahnya sebagai pintu gerbang para imigran untuk masuk ke Amerika Serikat dan statusnya sebagai pusat keuangan, budaya, transportasi, dan manufaktur.

New York pada awal abad ke-17 didiami oleh Penduduk Asli Amerika, yaitu suku-suku Indian Algonquian, Iroquois, dan Lenape yang di saat bersamaan bangsa Belanda dan Perancis mulai memasuki wilayah ini. Pengakuan pertama dibuat oleh Henry Hudson pada tahun 1609, wilayah ini menjadi milik Belanda yang bergerak maju mendiami Fort Orange, dekat lokasi yang sekarang adalah ibukota New York, Albany, New York pada tahun 1614 dan pada tahun 1624 dijajah oleh Belanda, baik di Albany dan Manhattan; belakangan jatuh ke Inggris sewaktu direbut pada tahun 1664. Sekitar sepertiga pertempuran Perang Revolusi terjadi di New York. New York menjadi negara bagian independen pada tanggal 9 Juli 1776 dan membuat Undang-Undang New York pada tahun 1777. Negara bagian New York disahkan dalam Undang-Undang Amerika Serikat pada tahun 1788, dan menjadi negara bagian ke-11. Dari 20 juta lebih penduduk New York, ada sekitar 3,4 juta penduduk pengguna facebook dengan penetrasi 17,03%.




#14 Los Angeles, United States of America - 3.405.600 user



City of Los Angeles
, seringkali disingkat L.A., adalah kota besar di barat Amerika Serikat. Ia adalah kota terpadat kedua di AS (setelah New York City) dan adalah kota terbesar di California. Para penjelajah Spanyol menamai sebuah sungai yang indah dalam bahasa SpanyolEl Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles del Río de Porciúncula, dalam bahasa Indonesia: "Desa Ibu Kita Ratu dari para Malaikat di Sungai Porciuncula". Pada 4 September 1781, para pemukim dari Misi San Gabriel mendirikan kota dan menamainya sesuai dengan nama sungai itu, namun dalam bentuk yang lebih singkat. Nama resminya adalah El Pueblo de la Reina de los Ángeles, atau "Kota Ratu dari para Malaikat." Los Angeles diresmikan sebagai kota pada 4 April 1850. Populasinya adalah 3.694.820 jiwa hingga sensus 2000. Sebuah perkiraan sensus pada 1 Juli 2004 menunjukkan bahwa populasinya berjumlah 3.847.400 untuk City of Los Angeles. Metropolitan Los Angeles jumlah penduduknya lebih dari 12 juta, dan jika ditambah dengan Orange County, sebuah kabupaten yang berbatasan di sebelah tenggara, total populasi mencapai lebih dari 15 juta jiwa dan 3,4 juta diantaranya tersebut adalah pengguna facebook dengan penetrasi 23,12%. 


#14 Kuala Lumpur, Malaysia - 3.328.240 user


Kuala Lumpur (sering disingkat KL), atau nama lengkapnya Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, adalah ibu kota dan kota terbesar di Malaysia. Kawasan Wilayah Persekutuan meliputi wilayah seluas 244 km² (94 mil²), diperkirakan dihuni oleh sekitar 1,6 juta penduduk pada tahun 2006. Kuala Lumpur Raya, juga dikenal sebagai Lembah Kelang, memiliki jumlah penduduk sebesar 7,2 juta jiwa. Kuala Lumpur merupakan wilayah metropolitan dengan pertumbuhan paling pesat di Malaysia, baik dalam jumlah penduduk maupun ekonomi.
 Di Kuala Lumpur berdiri Parlemen Malaysia. Kota ini juga pernah menjadi lokasi kantor pemerintahan eksekutif dan kehakiman, yang telah pindah ke Putrajaya sejak tahun 1999. Namun, beberapa kantor cabang kehakiman masih berdiri di kota ini. Kediaman resmi Yang di-Pertuan Agong, yaitu Istana Negara, berada di Kuala Lumpur. Kota ini juga merupakan pusat kebudayaan dan ekonomi Malaysia kerana kedudukannya sebagai ibu kota dan kota utama. Globalization and World Cities Study Group and Network (GaWC) menilai Kuala Lumpur sebagai sebuah kota global alfa. Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur adalah salah satu dari tiga buah Wilayah Persekutuan Malaysia, dan juga sebuah enklaf dalam negeri Selangor, di pantai barat tengah Semenanjung Malaysia. Dengan penduduk sebesar 7,2 juta jiwa, 3,32 juta diantaranya adalah user facebook dengan penetrasi 60,85%.


#15 Paris, France - 3.062.020 user



Paris adalah ibu kota PerancisTerletak di sungai Seine, di utara Perancis, di jantung region Île-de-France. Kota Paris pada batas administratifnya (tak berubah sejak 1860) memiliki penduduk 2.167.994 jiwa (Januari 2006). Unité urbaine Paris (atau wilayah urban) memanjang ke luar batas kota administratif dan memiliki perkiraan penduduk 9.93 juta (tahun 2005). Aire urbaine Paris (atau wilayah metropolitan) memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa, dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa.



Berkas:Flag of France.svgPemukiman penting bagi lebih dari dua milenium, Paris hari ini menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia, dan campuran politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, sains dan seni semuanya membantu statusnya sebagai salah satu kota global terbesar di dunia. Region Paris (Île-de-France) adalah ekonomi kota terbesar di Eropa, dan kelima terbesar dalam daftar kota menurut PDB dunia. Dengan €500.8 miliar (US$628.9 miliar), kota ini menghasilkan seperempat produk domestik bruto (PDB) Perancis tahun 2006. Region Paris memiliki 36 dari perusahaan Fortune Global 500 di beberapa distrik bisnis, terutama La Défense, distrik bisnis terbesar di Eropa. Paris juga memiliki banyak organisasi internasional seperti UNESCOOECDICC dan Paris Club.
Paris adalah kota tujuan turis paling populer di dunia, dengan 30 juta pengunjung asing per tahun. Terdapat sejumlah marka tanah terkenal di antara berbagai atraksinya, bersama dengan institusi terkenal dan taman terpopuler di dunia. Dari 2,1 juta penduduk Paris, 3 juta diantaranya penduduk "facebook" dengan penetrasi 29,36%.


#16 Bangalore, India - 2.931.460 user



 Bengaluru adalah ibu kota dan kota terbesar di negara bagian India Karnataka. Kota ini juga disebut "Kota Taman" karena taman-taman, bunga, dan pepohonannya yang indah. Bengaluru merupakan kota terbesar ketiga dan metropolitan terbesar kelima, dengan populasi pada 2001 sebesar 6,5 juta. Sebelum 1 November 2006, nama kota ini adalah Bangalore
  Setelah India mendapatkan kemerdekaan pada 1947, Bengaluru berevolusi menjadi sebuh hub produksi untuk industri berat seperti Hindustan Aeronautics Limited dan Indian Space Research Organization. Dalam dekade terakhir, pembentukan dan sukses perus`haan teknologi tinggi di Bangaluru telah menyebabkan pertumbuhan teknologi informasi di India. Perusahaan IT di Bengaluru mempekerjakan sekitar 30% dari satu juta profesional IT India. Kota ini juga merupakan pusat pelatihan bagi Angkatan Udara India, Madras Engineering Group (EMG), dan polisi militer pusat, dua terakhir merupakan lengan Angkatan Bersenjata India.
Bengaluru merupakan pangkalan ilmiah India dan merupakan tempat universitas riset tertua India, Indian Institute of Science. Institut riset lainnya termasuk Indian Institute of Astrophysics, the Raman Research Institute, the Jawaharlal Nehru Centre for Advanced Scientific Research, the National Center for Biological Science dan the Indian Statistical Institute. Dari 6,5 juta penduduk Bangalore, sekitar 2,9 juta diantaranya memegang akun facebook dengan penetrasi 44,02%.

#17 Singapore - 2.662.680 user




Singapura adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mil) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Populasi  tahun 2009 tercatat sekitar 5.076.700 jiwa @2010. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia

    Singapura memiliki sejarah imigrasi yang panjang. Penduduknya yang beragam berjumlah 5 juta jiwa, terdiri dari Cina, Melayu, India, berbagai keturunan Asia, dan Kaukasoid. 42% penduduk Singapura adalah orang asing yang bekerja dan menuntut ilmu di sana. Pekerja asing membentuk 50% dari sektor jasa. Negara ini adalah yang terpadat kedua di dunia setelah Monako. A.T. Kearney menyebut Singapura sebagai negara paling terglobalisasi di dunia dalam Indeks Globalisasi tahun 2006.
Sebelum merdeka tahun 1965, Singapura adalah pelabuhan dagang yang beragam dengan PDB per kapita $511, tertinggi ketiga di Asia Timur pada saat itu. Setelah merdeka, investasi asing langsung dan usaha pemerintah untuk industrialisasi berdasarkan rencana bekas Deputi Perdana Menteri Dr. Goh Keng Swee membentuk ekonomi Singapura saat ini. Economist Intelligence Unit dalam "Indeks Kualitas Hidup" menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia. Negara ini juga memiliki angkatan bersenjata yang maju. Singapura yang memiliki 5 juta jiwa dan diantaranya 2,6 juta adalah pengguna facebook dengan penetrasi 61,64%.


#18 Ankara, Turkey - 2.551.160 user



Ankara adalah ibu kota Turki sejak tahun 1923, menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Kota ini juga menjadi ibu kota Provinsi Ankara. Sebelumnya, Ankara dikenal dengan nama Angora atau Engürü; pada masa Romawi dikenal sebagai Ancyra; dan pada masa Hellenistik sebagai Áŋkyra. Ia terletak pada ketinggian 938 meter di atas permukaan.

Kota terbesar kedua di Turki ini dihuni oleh 4.455.453 jiwa (2007) dan sangat penting dilihat dari sisi ekonomi dan industri. Sebagai pusat pemerintahan Turki, di Ankara terletak seluruh kedutaan besar negara-negara lain. Kota ini terletak di daerah terkering di Turki dan dikelilingi daerah stepa dengan berbagai situs arkeologi dari masa Ottoman, Byzantium, dan Romawi. Dari 4,4 juta penduduk Ankara, 2,5 juta diantaranya pengguna facebook dengan penetrasi 66,96%.

#19 Caracas, Venezuela - 2.503.940 user

Caracas adalah ibu kota Venezuela. Kota ini merupakan tempat di mana kemerdekaan Venezuela dinyatakan pada 1811. Penduduknya pada 2005 berjumlah 4,6 juta jiwa (daerah metropolitan). Pada 26 Maret 1812, kota ini dilanda gempa bumi yang menewaskan sekitar 20.000 orang. Terdapat sekitar 2,5 juta user facebook diantara 4,6 juta jiwa kota Caracas dengan penetrasi 93,78%.








#20 Lima, Peru - 2.480.220 user

Lima adalah ibu kota Peru. Kota ini memiliki penduduk sekitar 6,2 juta jiwa. Kurang lebih sepertiga hidup di perkampungan kumuh di bawah garis kemiskinan. Kota ini didirikan oleh Francisco Pizarro pada tanggal 18 Januari 1535. Dari 6,2 juta penduduk kota Lima, sekitar 2,4 juta adalah penduduk yang memiliki akun facebook dengan penetrasi 32%.

     Nah, itulah 20 kota dengan pertumbuhan penggunaan Facebook tertinggi di dunia berdasarkan survey socialbakers.com . Awalnya sih ane gak kepikiran mau bikin nih topik, namun saya punya dorongan untuk menunjukkan pada readers dengan penyajian yang menarik daripada ditampilkan di tabel list seperti di website Socialbaker. Semoga ulasan ini dapat menghibur anda. Thanks for visiting and watching :D

Source:
Socialbaker.com

id.wikipedia.com
- edited with ecxplorer atlazcrew

1 komentar:

Silahkan anda berkomentar disini menggunakan kata dan kalimat yang jelas agar dapat dibaca oleh visitor yang lain. Tanpa verification code dan tanpa menunggu moderasi, komentar anda langsung tertera. Terima kasih... :D